Menu

Serupa tapi tak sama?



Ayam geprek berbeda dengan ayam penyet yang lebih dulu dikenal. Ayam penyet merupakan ayam goreng dengan bumbu kuning lalu dihancurkan hingga penyet. Ayam penyet juga disandingkan dengan aneka sambal yang pedas. Dalam perkembangannya, ayam geprek disajikan dengan berbagai tambahan dan juga inovasi. Di Geprek Bensu misalnya, ditambahkan dengan keju meleleh. 


Popularitas ayam geprek belakangan lebih tinggi dibandingkan ayam penyet lantaran banyak masyarakat yang lebih senang dengan ayam goreng tepung. Berbagai gerai dan rumah makan ayam geprek bertebaran di seluruh Indonesia. Ayam geprek juga merupakan salah satu menu yang paling banyak dipesan melalui aplikasi ojek online.


Ayam Geprek memiliki ciri khas yang berbeda dari Ayam Penyet,Ayam Geprek diberi sambal di atasnya. Ayam tersebut kemudian diulek agar daging terlepas dari tulang. Jadi empuknya ayam geprek mengandalkan tenaga pengulek ayam. Sambal yang digunakan untuk pendamping ayam geprek sangat beragam. Umumnya sambal bawang, tetapi bisa juga sambal matah, sambal embe, sambal madura, sambal kecombrang. Intinya aneka sambal khas Indonesia.

Topping ayam geprek juga beragam, biasanya diberikan keju parut atau keju mozarella yang leleh. Ayam geprek bisa dibilang hidangan cepat saji dengan cita rasa Indonesia. 

Sedangkan Ayam Penyet adalah hidangan ayam ungkep bumbu kuning yang digoreng, kemudian dipenyetkan (dipipihkan) dan diberi sambal di atasnya. Bumbu ayam penyet terbilang lebih kompleks karena terdiri dari berbagai bumbu dan rempah Nusantara. Seperti ketumbar, kemiri, kunyit, lengkuas, daun salam, bawang merah, dan bawang putih. Ayam dimasak dalam tempo lama dengan api kecil. Hal ini dimaksud agar bumbu menyerap sempurna dan tekstur daging menjadi sangat lembut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman